Download file doc. Klik disini..
BAB III
PEMBEBANAN
KONSTRUKSI ATAP
3.1
Beban Mati / Dead Load (D)
3.1.1
Berat
Sendiri Rangka Kuda-Kuda
q = (L-2) s/d (L+5) kg/m²→Rumus empiris menurut Ir. Loa. Wan Kiong
Dimana:
L
= Panjang bentang
kuda-kuda
Direncanakan
:
-
Panjang bentang kuda-kuda
(L) = 11,10 m
q
= (L - 2) s/d (L + 5) kg/m²
= (11,10
- 2)
s/d (11,10 +5) kg/m²
= 12,1
kg/m² s/d 16,1 kg/m²
Diambil nilai qmax =
16,1 kg/m²
Maka :
Pelimpahan berat rangka kuda-kuda
ke titik buhul :
=
=
= 48,40 kg
= 48,40 kg
Jadi, beban
rangka kuda-kuda yang diterima sama besar untuk semua titik buhul.
Gambar
3.1 Berat Sendiri Rangka Kuda-kuda
3.1.2
Ikatan
Angin/Bressing
Gambar
3.2 Stabilitas Konstruksi Atap
- Hubungan Ikatan Angin
Menurut
PPBBI 1983 hal 64, pada hubungan gording dengan ikatan angin harus dianggap ada
gaya P’ yang arahnya sejajar sumbu
gording, yang besarnya adalah :
P’ =
(0,01 . P kuda-kuda)+(0,005.n.q.dk.dg)
Dimana:
P kuda-kuda = Jumlah trave antara dua bentang ikatan angin
n = Jumlah trave antara dua bentang ikatan angin
q = Beban atap vetikal terbagi rata (40 kg/m2)
dk =
Jarak kuda-kuda
dg =
Jarak gording
sehingga :
P
kuda-kuda =
a
→tg 35° =
→a = tg 30° (½ . B)
= tg 30° (½ . 11,10 m)
= 3,20 m
b
→
tg 35° =
→
b =
tg 30°
(½ . L)
= tg 30° (½ . 32,5 m)
= 9,38
m
P
kuda-kuda =
=
= 300,16
kg
Sehingga :
P’ =
(0,01 . P kuda-kuda) + (0,005.n.q.dk.dg)
= (0,01 . 300,16
kg) + (0,005 . 2 . 40 kg/m² . 3,25
m . 0,60 m)
= 3,78 kg
- Bentang Ikatan Angin
Menurut PPBBI
hal 64, ikatan angin dinding harus diperhitungkan selain terhadap beban
vertikal dari atap, juga terhadap gaya horizontal yang besarnya :
Q’ = 0,0025 . Q
Q =
n . q . L . dk
=
2 . 40 kg/m² . 32,50
m . 3,25
m
=
8450 kg
Maka :
Q’ = 0,0025
. Q
=
0,0025 . 8450
kg
=
19,25 kg
Atepi
=
dg
=
0,60 m
= 3,774
m2
=
37740 cm2
Kontrol :
>
0,10 > 0,000167...............(Memenuhi)
3.1.3
Berat
Penutup Atap + Berat Gording
-
Gording yang digunakan
adalah profil LLC 100.50.20.2,3
-
Penutup Atap = Seng
gelombang
-
Berat seng gelombang (BWG
24) = 10 kg/m²
-
Jarak antar kuda-kuda = 3,25 m
-
Jarak gording = 0,60 m
-
Berat gording = 4,06 kg/m
P1 = Berat penutup atap . Jarak antar
kuda-kuda . Jarak gording
= 10 kg/m² .3,25 m . 0,60 m
= 19,50
kg
P2 = Berat gording . Jarak antar kuda-kuda
= 4,06 kg/m . 3,25
m
= 13,20 kg.
P1 +
P2 = 19,50
kg + 13,20 kg
= 32,70 kg
v Batang A – H = G – L
SMH = 0
RA(2,56)-(32,70)(2,56)-(32,70)(1,96)-(32,70)(1,36)-(32,70)(0,76)-(32,70)(0,16)
RA = 86,85 kg
SV
= 0
RH1 = (32,70+32,70+32,70+32,70+32,70) – 86,85
RH1 = 76,63 kg
v Batang H – I = L – K
SMI =
0
RH2.(2,56)-(32,70)(2,12)-(32,70)(1,52)-(32,70)(0,92)-(32,70)(0,32) = 0
RH2 = 62,32 kg
SV = 0
RI1 = (32,70 + 32,70 + 32,70
+ 32,70) – 62,32
RI1 = 68,46 kg
v Batang I – J = K – J
SMJ = 0
R12.(1,28) - (32,70)(1) - (32,70)(0,4) = 0
R12 = 35,76 kg
SV = 0
RJ = (32,70 + 32,70) – 35,76
RJ = 29,63 kg
Jadi, pelimpahan beban penutup atap
+ berat gording pada masing-masing titik buhul :
v Titik A = G = RA = 86,85 Kg
v Titik H = L = RH1 + RH2 = 76,63 + 62,32 = 138,95 Kg
v Titik I = K = RI1 + RI2 = 68,46 + 35,76 = 104,22 Kg
v Titik J = (RJ x 2) = 29,63 x 2) = 59,26 Kg
Gambar
3.3 Berat
Penutup Atap + Berat Gording
3.1.4
Berat
Plafond + Penggantung
-
Berat plafond →SNI-03-1727-1989, tabel
1 hal 3
·
Sement asbes, tebal
maks 4 mm = 11 kg/m²
-
Penggatung = 7 kg/m² →SNI-03-1727-1983, tabel
1 hal 3
Maka : q = 11
kg/m² + 7 kg/m²
= 18 kg/m²
-
Jarak antar kuda-kuda = 3,25 m
Jadi,
pelimpahan beban plafond + penggantung pada masing-masing titik buhul :
Titik
simpul A = G
= 1/2 .B1
. q . Jarak antar kuda-kuda
=
1/2 . 1,11
. 18 kg/m² . 3,25 m
= 32,47
kg
Titik
simpul B = F
= 1/2 . (B1
+ B2) . q . Jarak antar
kuda-kuda
=
1/2 . (1,11 + 2,22)
. 18 kg/m² . 3,25 m
= 97,40
kg
Titik
simpul C = E
=1/2.
(B2+B3) . q . Jarak antar
kuda-kuda
= 1/2 . (2,22+2,22) . 18
kg/m² . 3,25 m
= 129,87 kg
Titik
simpul D
= 1/2 . (B3
+ B4) . q . Jarak antar
kuda-kuda
=
1/2 . (2,22+2,22)
. 18 kg/m² . 3,25 m
= 129,87
kg
Gambar 3.4 Berat
Plafond + Penggantung
3.2
Beban Hidup/Live Load (L)
3.2.1
Beban
Terpusat (P = 100 kg) →SNI-03-1727-1989, pasal 2.1.2 poin b.2.b dan
poin b.3 hal 4
Gambar
3.5 Beban Hidup Terpusat
3.2.2
Beban
Terbagi Rata (q = 40 – 0,8 . α) kg/m2 →SNI-03-1727-1989,
pasal 2.1.2 poin b.2.a hal 4
q = (40 – 0,8 . α) kg/m2
= (40 – 0,8. 30o)
kg/m2
= 16
kg/m2
Jadi, pelimpahan beban
akibat air hujan pada masing-masing titik buhul :
Titik A = G = (½ . A1) x 3,25 x 16
= (½ x 2,56) x 3,25 x 16
= 66,56 kg
Titik H = L = ½ (A1 + A2) x 3,25 x 16
= ½ (2,56 + 2,56) x 3,25 x 16
= 133,12 kg
Titik I = K = ½ (A2 + A3) x 3,25 x 16
= ½ (2,56 + 1,28) x 3,25 x 16
= 99,84 kg
Titik J =
½ (A3 + A4) x 3,25 x 16
= ½ (1,28 + 1,28) x 3,25 x 16
= 66,56 kg
Gambar
3.6 Beban Hidup Terbagi Rata
Dari
kedua jenis beban hidup diatas, maka beban yang diperhitungan adalah beban yang
terbesar.
Sesuai dengan
SNI-03-1727-1989, pasal 2.1.2 ayat b.2.b hal 4.
3.3
Beban Angin/Wind Load (W)
-
Tekanan angin rencana (W)
= 40 kg/m² →SNI-03-1727-1989,pasal
2.1.3 poin b.2 hal 9
3.3.1
Angin
Tekan
-
α < 65° →SNI-03-1727-1989, pasal
2.1.3 poinc.1.b hal 10
Maka, koefisien angin tekan
C = 0,02 . α – 0,4
=
0,02 . 30° - 0,4
=
0,20
Jadi,
pelimpahan beban akibat angin tekan pada masing-masing titik buhul :
-
Titik Simpul A = G = (1/2. A1).
C . W . Jarak antar kuda-kuda
=
(1/2 . 2,56 m) . 0,20 . 40 kg/m2
. 3,25 m
=
33,28 kg
-
Titik Simpul H = L = 1/2 . (A1 + A2) . C . W . Jarak antar
kuda-kuda
= 1/2 . (2,56
m +2,56 m)
. 0,20 . 40 kg/m2
. 3,25 m
= 66,56 kg
-
Titik Simpul I = K = 1/2 . (A2 + A3) . C . W . Jarak antar
kuda-kuda
= 1/2 . (2,56
m + 1,28
m) . 0,20
. 40 kg/m2 . 3,25
m
= 49,92 kg
-
Titik Simpul J = 1/2 . A3 . C . W . Jarak antar
kuda-kuda
= 1/2 . (1,28
m) . 0,20
. 40 kg/m2 . 3,25
m
= 16,64
kg
3.3.2
Angin
Hisap
-
Koefesien Angin Hisap
(C) = -0,40 →SNI–03–1727–1989,
pasal 2.1.3 poin c.1.b hal 10
Jadi, pelimpahan beban akibat angin
hisap pada masing-masing titik buhul :
-
Titik Simpul A = G = (1/2
. A1) . C . W . Jarak
antar kuda-kuda
= (1/2 . 2,56
m) . (-0,4)
. 40 kg/m2 . 3,25
m
= - 66,56 kg
-
Titik Simpul H = L = 1/2 . (A1 + A2) . C . W . Jarak
antar kuda-kuda
= 1/2 . (2,56
m + 2,56 m)
.(-0,4) .40 kg/m2
.3,25 m
= - 133,12
kg
-
Titik Simpul I = K = 1/2 . (A2 + A3) . C . W . Jarak
antar kuda-kuda
= 1/2 . (2,56
m + 1,28
m) .(-0,4)
.40 kg/m2 .3,25
m
= - 99,84
kg
-
Titik Simpul J = 1/2 . A3 . C . W . Jarak antar
kuda-kuda
= 1/2 . (1,28
m) . (-0,4)
. 40 kg/m2 . 3,25
m
= - 33,28
kg
Gambar
3.7 Beban Angin Tekan Kiri Hisap Kanan
Gambar
3.8 Beban Angin Tekan Kanan Hisap Kiri
Tabel 3.1 Rekapitulasi Beban Mati
(D)
Titik Buhul
|
Beban Mati (D)
|
Jumlah (kg)
|
||||
Berat Sendiri (kg)
|
Bressing (kg)
|
Berat Penutup
Atap +
Berat Gording (kg)
|
Berat Plafond + Penggantung (kg)
|
|||
A
|
48,40
|
23,03
|
86,85
|
32,47
|
190,75
|
|
B
|
48,40
|
23,03
|
-
|
97,40
|
168,83
|
|
C
|
48,40
|
23,03
|
-
|
129,87
|
201,30
|
|
D
|
48,40
|
23,03
|
-
|
129,87
|
201,30
|
|
E
|
48,40
|
23,03
|
-
|
129,87
|
201,30
|
|
F
|
48,40
|
23,03
|
-
|
97,40
|
168,83
|
|
G
|
48,40
|
23,03
|
86,85
|
32,47
|
190,75
|
|
H
|
48,40
|
23,03
|
138,95
|
-
|
210,38
|
|
I
|
48,40
|
23,03
|
104,22
|
-
|
175,65
|
|
J
|
48,40
|
23,03
|
59,26
|
-
|
130,69
|
|
K
|
48,40
|
23,03
|
104,22
|
-
|
175,65
|
|
L
|
48,40
|
23,03
|
138,95
|
-
|
210,38
|
Tabel 3.2 Rekapitulasi Beban Hidup
(L)
Titik Buhul
|
Beban Hidup (L)
|
Lmax
(kg)
|
||
Beban Terpusat (kg)
|
Beban Terbagi
Rata (kg)
|
|||
A
|
200,00
|
66,56
|
200,00
|
|
B
|
-
|
-
|
-
|
|
C
|
-
|
-
|
-
|
|
D
|
-
|
-
|
-
|
|
E
|
-
|
-
|
-
|
|
F
|
-
|
-
|
-
|
|
G
|
200,00
|
66,56
|
200,00
|
|
H
|
100,00
|
133,12
|
133,12
|
|
I
|
100,00
|
99,84
|
100,00
|
|
J
|
200,00
|
66,56
|
200,00
|
|
K
|
100,00
|
99,84
|
100,00
|
|
L
|
100,00
|
133,12
|
133,12
|
Dari kedua jenis beban hidup
diatas, maka beban yang diperhitungkan adalah beban yang terbesar.
Sesuai dengan SNI-03-1727-1989,
pasal 2.1.2 ayat b.2.b hal 4.
Tabel 3.3 Rekapitulasi Beban Angin Tekan Kiri Hisap Kanan
Titik Buhul
|
Beban Angin (W)
|
||
Tekan Kiri (kg)
|
Hisap Kanan (kg)
|
||
A
|
33,28
|
-
|
|
H
|
66,56
|
-
|
|
I
|
49,92
|
-
|
|
J
|
16,64
|
-33,28
|
|
K
|
-
|
-99,84
|
|
L
|
-
|
-133,12
|
|
G
|
-
|
-66,56
|
Tabel 3.4 Rekapitulasi Beban Angin
Tekan Kanan Hisap Kiri
Titik Buhul
|
Beban Angin (W)
|
||
Tekan Kanan (kg)
|
Hisap Kiri (kg)
|
||
A
|
-
|
-66,56
|
|
H
|
-
|
-133,12
|
|
I
|
-
|
-99,84
|
|
J
|
16,64
|
-33,28
|
|
K
|
49,92
|
-
|
|
L
|
66,56
|
-
|
|
G
|
33,28
|
-
|
3.4
Perhitungan
Gaya Batang (Menggunakan SAP 2000 v.14)
3.4.1
Gaya
Batang Beban Mati
3.4.2
Gaya
Batang Beban Hidup
3.4.3
Gaya
Batang Beban Angin Tekan Kiri
3.4.4
Gaya
Batang Beban Angin Hisap
Kanan
3.4.5
Gaya
Batang Beban Angin Tekan Kanan
3.4.6
Gaya
Batang Beban Angin Hisap
Kiri
Table 3.5 Element Forces
Frames Output SAP2000 v.14
Frame
|
Station
|
OutputCase
|
P
|
Max
|
Min
|
Text
|
m
|
Text
|
Kgf
|
Kgf
|
Kgf
|
A1
|
0
|
COMB1
|
-1997,74
|
-1877,20
|
-2549,51
|
A1
|
0
|
COMB2
|
-2549,51
|
||
A1
|
0
|
COMB3
|
-1925,12
|
||
A1
|
0
|
COMB4
|
-1877,20
|
||
A2
|
0
|
COMB1
|
-1986,08
|
-1871,58
|
-2591,08
|
A2
|
0
|
COMB2
|
-2591,08
|
||
A2
|
0
|
COMB3
|
-1921,43
|
||
A2
|
0
|
COMB4
|
-1871,58
|
||
A3
|
0
|
COMB1
|
-1453,87
|
-1387,69
|
-1964,71
|
A3
|
0
|
COMB2
|
-1964,71
|
||
A3
|
0
|
COMB3
|
-1387,69
|
||
A3
|
0
|
COMB4
|
-1414,68
|
||
A4
|
0
|
COMB1
|
-1453,87
|
-1388,66
|
-1964,71
|
A4
|
0
|
COMB2
|
-1964,71
|
||
A4
|
0
|
COMB3
|
-1413,72
|
||
A4
|
0
|
COMB4
|
-1388,66
|
||
A5
|
0
|
COMB1
|
-1986,08
|
-1870,16
|
-2591,08
|
A5
|
0
|
COMB2
|
-2591,08
|
||
A5
|
0
|
COMB3
|
-1870,16
|
||
A5
|
0
|
COMB4
|
-1922,85
|
||
A6
|
0
|
COMB1
|
-1997,74
|
-1864,13
|
-2549,51
|
A6
|
0
|
COMB2
|
-2549,51
|
||
A6
|
0
|
COMB3
|
-1864,13
|
||
A6
|
0
|
COMB4
|
-1938,19
|
||
B1
|
0
|
COMB1
|
1727,30
|
2203,33
|
1451,04
|
B1
|
0
|
COMB2
|
2203,33
|
||
B1
|
0
|
COMB3
|
1849,38
|
||
B1
|
0
|
COMB4
|
1451,04
|
||
B2
|
0
|
COMB1
|
1897,54
|
2488,71
|
1621,31
|
B2
|
0
|
COMB2
|
2488,71
|
||
B2
|
0
|
COMB3
|
2034,74
|
||
B2
|
0
|
COMB4
|
1621,31
|
||
B3
|
0
|
COMB1
|
1517,40
|
2025,37
|
1344,00
|
B3
|
0
|
COMB2
|
2025,37
|
||
B3
|
0
|
COMB3
|
1620,00
|
||
B3
|
0
|
COMB4
|
1344,00
|
||
B4
|
0
|
COMB1
|
1517,40
|
2025,37
|
1422,10
|
B4
|
0
|
COMB2
|
2025,37
|
||
B4
|
0
|
COMB3
|
1541,90
|
||
B4
|
0
|
COMB4
|
1422,10
|
||
B5
|
0
|
COMB1
|
1897,54
|
2488,71
|
1812,20
|
B5
|
0
|
COMB2
|
2488,71
|
||
B5
|
0
|
COMB3
|
1812,20
|
||
B5
|
0
|
COMB4
|
1843,86
|
||
B6
|
0
|
COMB1
|
1727,30
|
2203,33
|
1638,33
|
B6
|
0
|
COMB2
|
2203,33
|
||
B6
|
0
|
COMB3
|
1638,33
|
||
B6
|
0
|
COMB4
|
1662,09
|
||
C1
|
0
|
COMB1
|
940,89
|
1086,31
|
850,27
|
C1
|
0
|
COMB2
|
1086,31
|
||
C1
|
0
|
COMB3
|
850,27
|
||
C1
|
0
|
COMB4
|
853,51
|
||
D1
|
0
|
COMB1
|
-184,31
|
-184,31
|
-345,55
|
D1
|
0
|
COMB2
|
-345,55
|
||
D1
|
0
|
COMB3
|
-214,04
|
||
D1
|
0
|
COMB4
|
-187,53
|
||
D2
|
0
|
COMB1
|
-232,38
|
-148,15
|
-329,59
|
D2
|
0
|
COMB2
|
-329,59
|
||
D2
|
0
|
COMB3
|
-287,42
|
||
D2
|
0
|
COMB4
|
-148,15
|
||
D3
|
0
|
COMB1
|
505,28
|
547,11
|
393,28
|
D3
|
0
|
COMB2
|
547,11
|
||
D3
|
0
|
COMB3
|
508,11
|
||
D3
|
0
|
COMB4
|
393,28
|
||
D4
|
0
|
COMB1
|
-335,24
|
-219,94
|
-431,92
|
D4
|
0
|
COMB2
|
-431,92
|
||
D4
|
0
|
COMB3
|
-401,25
|
||
D4
|
0
|
COMB4
|
-219,94
|
||
D5
|
0
|
COMB1
|
-335,24
|
-218,03
|
-431,92
|
D5
|
0
|
COMB2
|
-431,92
|
||
D5
|
0
|
COMB3
|
-218,03
|
||
D5
|
0
|
COMB4
|
-403,16
|
||
D6
|
0
|
COMB1
|
505,28
|
547,11
|
392,44
|
D6
|
0
|
COMB2
|
547,11
|
||
D6
|
0
|
COMB3
|
392,44
|
||
D6
|
0
|
COMB4
|
508,95
|
||
D7
|
0
|
COMB1
|
-232,38
|
-141,18
|
-329,59
|
D7
|
0
|
COMB2
|
-329,59
|
||
D7
|
0
|
COMB3
|
-141,18
|
||
D7
|
0
|
COMB4
|
-294,40
|
||
D8
|
0
|
COMB1
|
-184,31
|
-184,31
|
-345,55
|
D8
|
0
|
COMB2
|
-345,55
|
||
D8
|
0
|
COMB3
|
-194,52
|
||
D8
|
0
|
COMB4
|
-207,05
|
Keterangan :
COMB 1 : 1,4 D
COMB 2 : 1,2 D + 1,6 L
COMB 3 : 1,2 D + 0,5 L + 0,8 W
COMB 4 : 1,2 D + 0,5 L + 0,8 W
Tabel 3.6 Rekapitulasi Gaya
Desain Konstruksi Atap
Batang
|
Gaya Maximal
|
Gaya Minimum
|
Gaya Desain
|
Gaya Desain
|
(Kgm)
|
(Kgm)
|
Tekan (Kgm)
|
Tarik (Kgm)
|
|
A1
|
-1877,20
|
-2549,51
|
-2591,08
|
|
A2
|
-1871,58
|
-2591,08
|
||
A5
|
-1870,16
|
-2591,08
|
||
A6
|
-1864,13
|
-2549,51
|
||
A3
|
-1387,69
|
-1964,71
|
-1964,71
|
|
A4
|
-1388,66
|
-1964,71
|
||
B1
|
2203,33
|
1451,04
|
2203,33
|
|
B6
|
2203,33
|
1638,33
|
||
B2
|
2488,71
|
1621,31
|
2488,71
|
|
B3
|
2025,37
|
1344,00
|
||
B4
|
2025,37
|
1422,10
|
||
B5
|
2488,71
|
1812,20
|
||
C1
|
1086,31
|
850,27
|
1086,31
|
|
D1
|
-184,31
|
-345,55
|
-345,55
|
|
D2
|
-148,15
|
-329,59
|
||
D7
|
-141,18
|
-329,59
|
||
D8
|
-184,31
|
-345,55
|
||
D3
|
547,11
|
393,28
|
-431,92
|
547,11
|
D4
|
-219,94
|
-431,92
|
||
D5
|
-218,03
|
-431,92
|
||
D6
|
547,11
|
392,44
|
Download file doc. Klik disini..
Comments